Surga Dunia Biawak Di Indonesia Part 3




Sudahkah kita menghargai kekayaan biawak kita dengan cara menjaga kelestariannya? Wow, jawaban dan ceritanya tidak mungkin dipersingkat. Baiklah, tetapi saya harus mencoba untuk tidak membuat pembaca blog ini bosan. Pada dasarnya, kesinambungan perdagangan biawak sebagai komoditi ekspor tidak mungkin lepas dari ketersediaan biawak liar. Namun demikian, kajian tentang "stok" di alam dan dinamika populasinya di alam terbilang nihil. Itu logikanya. Prakteknya? Memang, rasanya apresiasi terhadap kekayaan keanekaragaman hayati di nusantara tercinta ini secara umum sangat minimal. Tak kenal maka tak sayang. Tak kenal biawak, maka tak sayang biawak.

Sangat mencengangkan kala itu di tahun 1990an, ketika para peneliti Jerman dan Amerika Serikat berhasil mengungkap satu persatu kekayaan biawak kita di Indonesia Timur, khususnya dari Pulau Halmahera. Akankah penemuan jenis baru biawak dilakukan oleh sekelompok orang di negara lain lagi? Lalu bagaimana kah cara kita menunjukkan kepedulian terhadap aset negara kita sendiri?

Sampai saat ini saya hanya bisa bermimpi, berada di Indonesia Timur dan melakukan penelitian tentang biawak. Berada di Indonesia Timur, Surga Dunia Biawak, dan mempropagandakan kecintaan kepada kekayaan sumberdaya alam hayati di negeri sendiri. Berada di Indonesia Timur, dan merasakan indahnya memberikan nuansa ilmiah di wilayah yang bisa dibilang tertinggal ini.

 
untuk yang belum mengetahui Surga Dunia Biawak Indonesia Part 2. kunjungi informasi kami sebelumnya.

Sekian mimpi hari ini. Sekarang saya akan melanjutkan menulis sebuah artikel, apalagi kalau bukan tentang biawak Indonesia. Peace!


hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar