Genetika Populasi dan peranannya dalam usaha pelestarian Biawak Komodo Part 6


Menanggapi terbetiknya berita mengenai upaya pelestarian Biawak Komodo secara ex-situ dengan mengambil hewan liar dari Cagar Alam Wae Wuul (pantai barat Flores), saya menyatakan bahwa pengambilan hewan dari alam dengan alasan pemurnian genetika sebenarnya akan merugikan upaya pelestarian di alam yang sedang dalam taraf perencanaan yang matang dan telah mendapat dukungan internasional. 

Alasan pengambilan satwa untuk dibudidayakan di dalam lokasi buatan ini juga tidak dapat dibenarkan, karena bertentangan dengan prinsip pelestarian jenis yang mengutamakan pelestarian yang dilakukan di habitat asli satwa di alam. Akhirnya, alasan pemurnian genetika untuk pelestarian ini sangat bertentangan dengan hasil penelitian genetika populasi yang menyatakan tingginya keragaman genetika populasi di Flores Barat, yang semestinya digunakan sebagai sumber untuk mengentaskan rendahnya keragaman genetika populasi di lokasi lain, misalnya Pulau Gili Motang. 

Menurut hemat saya, istilah pemurnian genetika adalah istilah yang biasa dipergunakan oleh para penangkar untuk memperoleh galur murni suatu jenis satwa dengan tujuan bisnis, misalnya perdagangan satwa peliharaan. Dengan demikian, alasan pemurnian genetika itu kemungkinan besar adalah bukan alasan yang sebenarnya untuk mengambil Biawak Komodo dari habitat aslinya, dan kemungkinan telah dijadikan dalih palsu oleh suatu pihak yang tidak peduli terhadap konsep dasar pelestarian satwa yang mempunyai tujuan lain selain upaya melestarikan kadal raksasa yang menjadi ciri khas Indonesia di mata dunia ini.

untuk yang belum mengetahui Genetika Populasi dan peranannya dalam usaha pelestarian Biawak Komodo Part 5. kunjungi informasi kami sebelumnya.

 

hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar