Genetika Populasi dan peranannya dalam usaha pelestarian Biawak Komodo Part 1



Genetika populasi adalah salah satu cabang dalam ilmu hayati yang membahas interaksi gen di dalam suatu populasi. Bahasan khusus dalam genetika populasi di antaranya adalah indeks perbedaan antara dua populasi, pertukaran gen, dan mutasi netral yang bermanfaat untuk mengkaji keragaman hayati pada tingkat molekuler. 

Genetika populasi menggunakan pendekatan statistika yang berdasarkan pada beberapa asumsi yang berhubungan dengan sifat-sifat biologis suatu makhluk hidup seperti misalnya sistem perkembangbiakan, asumsi mengenai sifat-sifat genetika makhluk hidup tersebut, misalnya mutasi gen, serta asumsi mengenai keadaan demografinya. Dalam usaha perlindungan keragaman hayati, kajian genetika populasi digunakan sebagai dasar untuk memetakan interaksi genetika antara individu beserta kemungkinannya untuk melanjutkan generasinya secara langgeng. 

Besarnya manfaat genetika populasi dalam membantu usaha pelestarian keragaman hayati telah dibuktikan dengan dipetakannya interaksi genetika dan struktur populasi dari banyak jenis hewan di antaranya Gajah Asia (Elephas maximus), Kura-kura Galapagos (Geochelone nigra), Burung Kakatua Abu-abu (Psittacus erithacus) di Pulau Principe di Afrika, dan Ikan Pelangi (Melanotaenia eachamensis) di Australia. 

Di samping itu, interaksi genetika pada populasi Biawak Komodo (Varanus komodoensis) di Indonesia juga telah dipertelakan. Selanjutnya, dalam konteks pelestarian keragaman hayati, interaksi gen dan struktur populasi ini hewan-hewan ini digunakan sebagai landasan untuk mencandra unit-unit manajemen (management units) yang akan berguna misalnya sebagai sumber untuk mengentaskan suatu populasi di daerah lain yang hampir punah.

untuk yang belum mengetahui Jenis-jenis Biawak . kunjungi informasi kami sebelumnya.

hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar