Genetika Populasi dan peranannya dalam usaha pelestarian Biawak Komodo Part 3


Sedikit lebih dalam menyinggung teori genetika populasi, pendekatan statistika dalam cabang ilmu ini diterapkan dalam bahasan indeks perbedaan antar populasi yang digunakan untuk mengetahui derajat perbedaan di antara individu-individu dalam suatu populasi, antara populasi dalam suatu kelompok populasi, dan antara kelompok populasi. 

Ada beberapa indeks perbedaan antar populasi yang dibahas dalam teori genetika populasi, namun indeks yang disebut sebagai Statistik-F (F-statistics) yang pertama kali dikemukakan oleh Seawall Wright, seorang pakar genetika populasi Amerika Serikat, adalah yang umum digunakan. Indeks dari statistik-F ini dapat digunakan untuk menghitung ukuran populasi efektif (effective population size, dilambangkan dengan Ne), yaitu perkiraan jumlah individu dari suatu populasi yang dapat menghasilkan keturunan yang fertil. 

Di samping itu, indeks ini juga berguna untuk memperkirakan derajat kawin-tak-campur (inbreeding level) suatu populasi, yang mengindikasikan kecenderungan punahnya suatu populasi ditinjau dari sudut genetika. Perlu diingat, bahwa banyak faktor yang menyebabkan kepunahan suatu populasi, seperti misalnya bencana alam dan pengaruh “peradaban” manusia contohnya pembukaan hutan sebagai lahan perkebunan. Namun demikian, faktor-faktor genetika seperti tersebut di atas dapat dijadikan sebagai panduan mengenai dinamika suatu populasi beserta kecenderungan-kecenderungannya berdasarkan pada persebaran frekuensi alel-alelnya (allele frequency distribution).

untuk yang belum mengetahui Genetika Populasi dan peranannya dalam usaha pelestarian Biawak Komodo Part 2. kunjungi informasi kami sebelumnya.



hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar