Genetika Populasi dan peranannya dalam usaha pelestarian Biawak Komodo Part 4



Sejak pencandraannya pada tahun 1912 oleh seorang ilmuwan Belanda, Peter Ouwens, yang kala tersebut menjabat sebagai direktur Museum Zoologi Bogor, Biawak Komodo telah menjadi perhatian masyarakat luas di dunia. Penelitian ekologi dan perilakunya dilakukan secara mendalam oleh ilmuwan Amerika Serikat, Walter Auffenberg pada tahun 1970an. 

Setelah masa penelitiannya di ulau Komodo berakhir, Auffenberg menyatakan dalam bukunya yang berjudul “The Behavioral Ecology of the Komodo monitor” (1981) bahwa populasi Biawak Komodo dapat dijumpai di Pulau Komodo, Pulau Nusa Mbarapu, Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Nusa Kode, Pulau Gili Motang, dan beberapa bagian daerah di Pulau Flores. 

Penelitian pertama tentang genetika populasi Biawak Komodo telah dilakukan sekitar sepuluh tahun yang lalu, dan hasilnya menunjukkan bahwa populasi di Flores Barat mempunyai derajat keragaman genetik yang tinggi, terlebih jika dibandingakan dengan populasi di dua pulau kecil di dalam Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Nusa Kode dan Pulau Gili Motang. Selanjutnya, Pulau Komodo mempunya populasi yang sangat berbeda dari populasi Biawak Komodo di pulau-pulau yang lain. 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Claudio Ciofi, peneliti dari Universitas Florens, Italia ini menyatakan bahwa populasi efektif Biawak Komodo berkisar antara 20-27 persen jika dihitung dengan metode langsung dan migrasi antar populasi dapat terjadi dengan kemungkinan satu individu per 24 tahun hingga satu individu per 63 tahun. 

Sebagai catatan, survey populasi di Pulau Padar mengindikasikan kepunahan sejak sekitar 30 tahun yang lalu. Sementara itu, penelitian mengenai keragaman genetika tengah berlangsung pada tahap lanjutan dengan menggunakan penanda genetika mitokondria dan direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2010. Hasil dari penelitian tahap ini akan digunakan sebagai informasi untuk memetakan struktur populasi yang diaplikasikan untuk menentukan tingkatan prioritas daerah pelestarian.

untuk yang belum mengetahui Genetika Populasi dan peranannya dalam usaha pelestarian Biawak Komodo Part 3. kunjungi informasi kami sebelumnya.


hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar