Penemuan Spesies Baru Biawak di Indonesia

Keragaman hayati Indonesia ternyata amat kaya. Dalam penelitian biawak di Sulawesi, terbukti Indonesia dihuni 20 jenis biawak atau yang terbanyak di dunia. 

 

Komodo salah satu kadal raksasa paling terkenal dari Indonesia.

Baru-baru ini seorang peneliti reptilia dari Jerman, Andrè Koch, melaporkan telah berhasil menemukan spesies baru biawak di Sulawesi. Untuk dunia biologi, penemuan biawak Sulawesi itu merupakan hasil yang dianggap spektakuler dan menarik.

Keistimewaan biawak tersebut diungkapkan Andrè Koch sebagai berikut: "Biawak adalah jenis kadal terbesar yang masih hidup di muka bumi ini. Biawak juga merupakan binatang reptil paling cerdik dan wujudnya sangat menyerupai Dinosaurus, yang hanya kita kenal melalui televisi. Oleh karenanya, bentuk tubuh biawak mengundang daya pesona luar biasa. Juga dari lidahnya, biawak terkesan memiliki hubungan kerabat dengan jenis ular.Kenyataan adanya berbagai jenis biawak di Indonesia yang tak terduga sebelumnya, telah merangsang saya untuk terus melakukan penelitian terhadap biawak".

Andrè Koch yang berusia 30 tahun, saat ini sedang menyelesaikan penulisan disertasi S3 bidang Biologi di Universitas Bonn. Spesies baru yang ditemukannya di Sulawesi dalam bahasa Latin disebut 'Varanus Salvator'.

Koch juga memaparkan: "Dalam rangka meneliti biawak, kami berusaha mengunjungi seluruh kawasan Sulawesi. Dimulai dari Manado, Sulawesi Utara. Kemudian ke Sanggia. Dari sana ke Talaud, ke arah utara Filipina. Di tahun kedua, dari Makassar menuju Selayar, Tanah Jampia, Kalaotoa, sampai Flores di daerah Kepulauan Sunda Kecil, bagian selatan Sulawesi."

untuk yang belum mengetahui cara memilih biawak pada saat membeli saat kita membelinya baik itu di petshop atau dari masyarakat. kunjungi informasi kami sebelumnya.


hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar